Kunci Sukses Ala Yovin Karwayu “Bangflo” : Kenali Potensi Diri dan Fokus

EBuzz – Menjadi Entrepreuner dan mendulang kesuksesan di usia muda adalah cita – cita sebagian orang. Namun, untuk mencapai titik tersebut tidaklah mudah seperti membalikan telapak tangan. Harus ada kerja keras, kegigihan, dan fokus dalam menjalani bisnis yang digeluti. Tanpa melakukan hal tersebut, mustahil rasanya kesuksesan bisa diraih.

Hal itulah yang saat ini Handrinus Yovin Karwayu terapkan dalam membangun ekosistem perusahaan dari hulu ke hilir di industri kopi dalam negeri.

Yovin bercerita pada saat dirinya mulai mendirikan Bangflo yang merupakan perusahaan yang memiliki ekosistem bisnis dari hulu ke hilir tidak mudah. Awalnya, pada tahun 2013 ketika dirinya masih bekerja dengan orang lain di Kalimantan, ia sudah mulai tertarik untuk bisa menjalani bisnis food and beverages (FnB). Bukan tanpa alasan tiba – tiba ia mulai banting setir dari orang yang bekerja di perusahaan batubara, untuk mulai jualan kopi. Menurutnya, hal pertama yang membuat dirinya tertarik masuk ke industri kopi karena ketersediaan bahan bakunya sangat banyak, kemudian, dari sisi market sudah dapat terserap dengan baik. Seiring berjalannya waktu, pada tahun 2017 silam ia mulai membuat badan usaha yang menaungi bisnisnya tersebut.

Menurut Yovin, dalam membangun bisnis baru hal pertama yang harus diperhatikan yakni kenali potensi diri sendiri dan fokus dalam menjalani bisnis yang tengah dirintis. Jika hal tersebut dilakukan dengan baik, maka besar kemungkinan usaha yang dijalani akan mulai mendulang kesuksesan.

“Kalau tips dari gue begini. Pertama, kita harus kenali diri sendiri. Karena potensi diri seseorang itu berbeda – beda. Kedua, kita harus fokus terhadap pilihan yang sudah ditetapkan”, ujarnya secara Ekslusif kepada Economix Buzz di Jakarta. (30/6).

Selain itu, pria yang gemar berorganisasi sejak masa sekolah ini menambahkan, hal lainnya dalam membangun bisnis hingga dapat mendulang kesuksesan harus memiliki target yang ingin dicapai. Dan ketika target tersebut tidak dapat tercapai, maka harus bisa segera bangkit dan mencari peluang baru. Sehingga tidak heran saat ini banyak pelaku usaha kopi yang sudah perlahan – lahan mulai tumbang satu per satu.

“Saat mulai usaha itu, tentukan dulu targetnya apa. Ketika ekspektasinya tidak tercapai, tidak terlalu kecewa dengan hasil yang didapat. Tapi, kalau hanya sekedar coba – coba silahkan tidak ada salahnya”, pungkasnya.

Berkat kerja keras yang dilakukan Yovin, saat ini Bangflo telah berhasil menggandeng ratusan Petani di NTT untuk dijadikan sebagai mitra. Dengan begitu, Yovin membantu perekonomian dari para petani dan juga berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi daerah tersebut.

spot_img

Terbaru

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini