Citi Indonesia Prediksi Bank Indonesia Bakal Pangkas Suku Bunga 25 Bps

EBuzz – Citi Indonesia memprediksi Bank Indonesia (BI) akan memangkas tingkat suku bunga BI Rate sebesar 25 basis point di September 2024. Penurunan tersebut sejalan dengan ekspektasi Citi bahwa tingkat suku bunga Federal Funds Rate (FFR) juga akan mengalami penurunan dengan cepat.

Chief Economist Citi Indonesia Helmi Arman menjelaskan bahwa, penurunan juga akan terjadi pada suku bunga sekuritas rupiah Bank Indonesia (SRBI) dalam tenor 12 bulan. Menurutnya, suku bunga tersebut bakal turun lebih dalam jika dibandingkan dengan suku bunga acuan.

Diketahui, untuk suku bunga SRBI dengan tenor 6,9, dan 12 bulan per Juli 2024 tercatat masing – masing di level 7,30%, 7,39%, dan 7,43%.

“BI akan menurunkan 25 basis point, tapi yang perlu dipahami penurunan suku bunga tapi juga suku bunga SR BI 12 bulan kami perkirakan lebih jauh dengan BI Rate,” jelas Helmi dalam Konfrensi Pers di Park Hyatt, Jakarta. (15/8).

Helmi juga memprediksi, Bank Sentral Amerika (The Fed) juga akan memangkas tingkat suku bunganya sebesar 50 basis point di September 2024. Setelah itu, The Fed juga akan menurunkan suku bunganya di Oktober sebesar 50 basis point, dan nantinya akan memangkas sebesar 25 basis point di setiap pertemuannya.

“Perkiraan kami, dengan asumsi The Fed menurunkan suku bunga kea rah 3,25% hingga pertengahan tahun depan. Sehingga, perkiraan Citi BI Rate akan bisa turun ke arah 5%,” pungkasnya.

spot_img

Terbaru

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini